Tak Terasa Sudah 74 Tahun #17Agustus2019

September 27, 2019


Tujuh puluh empat tahun sudah negara ini merdeka. Indonesia, kini usiamu tak lagi muda, jika kita ingat kembali pesan nenek moyang bahwa “kelak kamu akan berjuang jauh lebih keras, karna lawanmu bukan penjajah melainkan bangsamu sendiri”. Mungkin, itulah alasannya mereka disebut nenek moyang, karna mampu menerawang masa depan atau mungkin mereka sudah belajar dari pengalaman?

Entahlah! Tapi bukankah sudah semestinya kita berjuang untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin. Jika tahun-tahun lalu saya berkontribusi dengan membuat illustrasi, mengikuti kegiatan sosial, kini kumencoba memaknainya melalui sudut pandang yang lain.

Upacara. Berada dilingkungan pendidikan membuat saya tak bisa lepas dari kegiatan satu ini. Mungkin awalnya menggerutu, harus bangun pagi dan berdiri tegak dengan pakaian adat atau perjuangan. Iyah, kostum upacara kali ini mewajibkan seperti itu. Ribet? Hmm, mungkin lebih tepatnya karna tak terbiasa saja.

Namun, ternyata setelah beberapa menit upacara dimulai, perlahan hati inipun terasa damai. Perjuanganku tahun ini hanya bangun pagi dan mengenakan busana khas daerah, jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan pejuang yang telah gugur. Indonesia, tetaplah Indonesia. Negara yang selalu bisa membuatku jatuh hati dan bangga padanya.

Rasanya, sudah tak ada lagi alasan untuk bermalas-masalan. Kita punya PR (Pekerjaan Rumah) untuk membangun bangsa. Namun, bagaimana bisa jika bangun pagi saja tak suka. Bukankah, membangun bangsa dimulai dari diri kita sendiri? Menjadikan diri sebagai SDM (Sumber Daya Manusia) yang unggul bahkan bermanfaat untuk sesama, itulah dasarnya.

Apapun profesinya tentu kita turut andil didalamnya. Termasuk dunia pendidikan yang seharusnya mampu mencetak para penerus bangsa yang siap berjuang dimasa akan datang. Susahnya mencetak generasi baru yang hebat membuatku sadar, bahwa pendidikan bukanlah hal sepele. Ibaratnya, “jika dokter salah mengasih obat, maka satu pasien yang merasakan. Tapi jika guru salah menyampaikan ilmu, maka satu generasi yang menanggungnya”.

Oleh sebab itu, menjadilah yang terbaik dibidang kalian masing-masing, karena itu adalah bukti nyata berjuang untuk negeri ini dan menjadi SDM yang unggul. Selamat ulang tahun negeriku, Indonesia. Tetaplah keras! Jangan pernah melemah, biar kita saja yang menguat! Merdeka!





You Might Also Like

0 comments